7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

  • 2 min read
  • Sep 09, 2021
Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih ialah bumbu dapur yang paling banyak digunakan kita bisa gunakan bawang putih agar aroma pada masakan lebih sedap. Selain itu, bawang putih bisa membuat masakan tidak amis. Misalnya saja ketika masak ayam goreng, kita bisa tambahkan bawang putih sebagai bahan utama agar tidak terlalu amis. Masakan lainnya yang menggunakan bawang putih adalah sayur opor, pepes ikan, nasi goreng, dan juga sayur sop. Bawang putih juga bisa digoreng, rasanya lezat dan hampir sama aromanya dengan bawang merah goreng. Ini disebabkan adanya kandungan Alicin yang ada pada bawang putih, membuat bau dari bawag putih semakin semerbak. Bumbu rempah ini menjadi salah satu andalan masyarakat Indonesia, karena banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya membuat rasa masakan menjadi lebih sedap, namun untuk kesehatan juga sangat bagus sekali.

Bawang putih bisa menjadi obat bagi orang yang memiliki penyakit kolesterol, darah tinggi, dan juga pengerasan pembuluh darah. Masayrakat masih menggunakan pengobatan tradisional menggunakan beragam bumbu rempah. Diantaranya memakai jahe, kunyit, kencur dan bawang putih. Mereka pecaya jika mengkonsumsi bawang putih, bisa mengatasi masalah pada kesehatan jantung dan juga sistem darah. Ada pula yang mengkonsumsi bawang putih untuk menjaga stamina, khususnya para pria. Masih banyak lagi manfaat dari bawang putih, diantaranya adalah :

  1. Melawan Penyakit

Tubuh kita bisa lebih sehat dan bisa menguatkan sistem imun jika makan bawang putih setiap hari. Flu adalah penyakit yang sering datang saat seseorang kehilangan sistem kekebalan tubuh. Jika kita mrerasa pilek, kita bisa makan bawang putih dengan cara mencampurkan ke dalam sayuran hangat. Bisa juga dimakan langsung.

  1. Menurunkan tekanan darah

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa di dalam ekstrak bawang putih, bisa menurunkan tensi darah sampai 6 bulan. karena ekstrak bawang putih yang sudah tua sama saja dengan kita meminum obat altenolol.

  1. Menurunkan kolesterol

Jika kita memiliki masalah dengan kadar kolesterol yang tinggi, tak perlu minum obat untuk menurunkannya. Bisa menggunakan cara herbal, salah satunya dengan bawang putih yang dibuat menjadi suplemen. Cara ini mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 15 persen. Namun kita tetap harus mengontrol kolesterol dengan rajin makan makanan bergizi. Karena suplemen bawang putih tidak bisa membuat kolesterol menjadi lebih baik.

  1. Mencegah Alzheimer dan demensia

Dalam bawang putih terdapat antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas. Pengaruh radikal bebas bisa membuat seseorang terserang alzheimer. Penyakit alzheimer membuat seseorang kehilangan ingatan, bahkan bisa berperilaku seperti anak kecil. Untuk itu penyakit otak ini sangat rawan jika sudah menyerang seseroang.

  1. Mengurangi kelelahan

Bawang putih bisa meningkatkan stamina dan juga menambah tingkat kerja seseorang. Jika kita mudah kelelahan, kita bisa konsumsi minyak bawang putih agar lebih semangat. Selain itu, minyak tersebut mampu menurunkan detak jantung yang tinggi hingga 12 persen. Olahraga juga akan terasa lebih baik dan bersinergi.

  1. Melindungi dari toksisitas logam berat

Jika kalian bekerja di dalam wilayah pabrik, maka perlu makan bawang putih setiap hari. Agar kadar timbal yang ada pada dalam darah bisa berkurang sampai 19 persen. Timbal yang menumpuk dalam darah bisa membuat sakit kepala dan naiknya tekanan darah.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Konsumsi suplemen bawang putih dapat menyehatkan tulang dan menguatkan tulang pada wanita. Pada saat wanita menopause, wanita akan memiliki tulang yang rawan keropos. Untuk itu diwajibkan makan bawang putih agar tetap kuat dan sehat.

Itulah beberapa manfaat dari bawang putih yang sangat banyak sekali. Bisa untuk segalam masakan dan juga untuk pengobatan.