Cara Membersihkan Sampah di HP Realme C2 Terbaru dan Termudah

  • 2 min read
  • Aug 13, 2021
Cara membersihkan sampah di HP Realme C2

Cara membersihkan sampah di HP Realme C2 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan seri ponsel dari pabrikan satu ini yang lain. Dengan membersihkan sampah-sampah itulah sebenarnya terdapat banyak manfaat yang akan didapatkan. Salah satunya adalah ruang penyimpanan bisa bertambah lebih dibandingkan sebelumnya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan sebab sampah-sampah yang tersembunyi di dalam smartphone Realme C2 biasanya akan membuat RAM cepat penuh. RAM penuh jelas akan berpengaruh terhadap kinerja dari smartphone yang anda miliki. Bukan hanya tak dapat install aplikasi baru, tetapi akan membuat smartphone semakin lemot.

Cara Membersihkan Sampah di HP Realme C2 Dengan Mudah

Sebelum mengetahui bagaimanakah cara membersihkannya, Realme C2 ini merupakan salah satu ponsel entry level dari Realme dimana cukup menarik perhatian banyak orang. Dirilis di tahun 2019, salah satu daya tarik mengapa ponselnya banyak diincar yakni memiliki harga yang sangat terjangkau yakni hanya sekitar 1 jutaan.

Ponsel inipun juga sudah dilengkapi dengan RAM sebesar 2 dan 3 GB sehingga sangat cocok buat penggunaan ringan. Karena hanya mempunyai RAM sebesar itulah, memori internal didalamnya memang sering habis bahkan penggunanya akan memperoleh warning berupa memori internal sudah habis.

Jika sudah seperti ini, sebenarnya anda tidak perlu khawatir. Sebab bisa saja penyebab dari memori yang penuh adalah sampah-sampah atau cache tersembunyi didalamnya. Nah, untuk membersihkannya, langsung saja simak tips bersihkan sampah Realme berikut ini.

  1.  Menggunakan Fitur Perkuat

Smartphone Realme termasuk seri inipun ternyata dilengkapi dengan fitur perkuat dimana berguna buat melakukan scanning serta penghapusan file sampah yang tersembunyi. Untuk mengaksesnya sendiri tidaklah sulit dilakukan.

Pertama, user bisa langsung gulir layar dari atas ke bawah dan temukan menu perkuat. Selain itu, anda juga dapat gulir layar dari bawah ke atas buat menemukan menu yang sama. Jika sudah diklik, maka secara otomatis ponsel akan langsung melakukan pemindaian.

  1.  Menggunakan Aplikasi dari Pihak Ke-Tiga

Cara membersihkan sampah di HP Realme C2 berikutnya yakni dengan menggunakan aplikasi dari pihak ke-tiga. Penggunaan aplikasi inipun ternyata sangat cocok bagi anda yang ingin menghapus file melalui akar-akarnya. Mulai dari file cache, sampah ataupun file-file tersembunyi. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan.

Salah satunya adalah CCleaner dimana sudah tidak asing lagi buat pengguna aplikasi cleaner bagi para pemilik smartphone. Adapun CCleaner dapat ditemukan dengan mudah pada Playstore maupun Appstore. Penggunaannya pun sangat mudah bahkan bagi seorang pemula.

Dengan aplikasi ini pulalah, anda dapat mengoptimalkan sekaligus membersihkan file sampah pada ponsel bahkan dapat melakukan deteksi manakah aplikasi yang menguras banyak aplikasi sekaligus.

  1.  Menghapus Cache Pada Aplikasi

Salah satu penyebab mengapa ruang penyimpanan pada Realme C2 cepat habis yakni adanya beberapa aplikasi dimana menguras cukup banyak RAM sehingga mengakibatkan adanya penumpukan pada cache.

Untuk menghapus cache atau sampah pada aplikasi tidaklah sulit dilakukan. Anda bisa langsung pergi ke manajemen aplikasi dan list manakah aplikasi yang sering anda gunakan. Pilihlah aplikasi dimana dirasa menguras banyak memori. Lanjut ke pilihan penggunaan memori dan ketuk pada hapus cache. Jika sudah maka ruang memori akan terasa lebih lega.

Ruang penyimpanan yang penuh pada ponsel ternyata akan membuat anda merasa tidak nyaman ketika menggunakannya. Bahkan menyebabkan kinerjanya mengalami penurunan termasuk pada HP Realme. Sudah tahukan bagaimana cara membersihkan sampah di HP Realme 3?

Sumber: oppotutorial