Nasi box atau sering di sebut juga dengan sebutan nasi kotak, nasi box di sini bukanlah nasi yang berbentuk box atau kotak, tapi yang di maksud adalah, paket nasi yang di taruh dalam wadah box atau kotak, biasanya wadahnya terbuat dari kertas. Sedangkan menurut bahasa Indonesia,  nasi box atau nasi kotak adalah nasi yang di lengkapi dengan lauk pauk dan di kemas ke dalam bentuk karton, jadi nasi box ini bukanlah jenis atau nama suat makanan melainkan kemasan dalam penyajian nasi tersebut.

Pada jaman sekarang beredar nasi box dengan kemasan yang terbuat dari styrofom, asalkan anda ketahui menggunakan styrofom sebagai pembungkus makanan atau tempat nasi merupakan suat kesalahan, karena bahan dari styrofom tidak baik untuk di jadikan sebagai pembungkus makanan karena dapat membahayakan untuk tubuh kita.

Nah untuk kalian yang ingin belajar membuat nasi box kali ini saya akan membahas resep dan cara pembuatan nasi box, tapi untuk kalian yang tidak mau repot membuat nasi kalian bisa pesan nasi box di sini royalsnackbox.com.  Berikut ini adalah cara dan juga resep untuk membuat nasi box.

Sesuai dengan judulnya cara membuat nasi box spesial, maka bahan bahan yang saya gunakan cukup banyak dan juga agak spesial, berikut ini adalah cara dan juga resep untuk membuat nasi box, di antarannya yaitu:

  • Bahan bahan, seperti halnya masakan pada umumnya nasi box juga menggunakan bahan bahan tersebut, yaitu beras, daging ayam, udang, telur, tempe, tahu, mie goreng, dan di tambah dengan kerupuk dan juga lalapannya.
  • Bahan bahan sambal, lima buah cabai merah, 2 buah tomat, gula pasir secukupnya, garam secukupnya dan juga penyedap rasa secukupnya.

Cara pembuatannya mudah seperti kita masak nasi seperti biasanya, yaitu:

  1. Cuci semua bahan dengan bersih, rendam beras kurang lebih 15 menit.
  2. Panaskan air dalam dandang sampai mendidih, taruh beras dalam kukusan dan masukan ke dalam dandang, tunggu hingga setengah matang.
  3. Setelah setengah matang, angkat kukusan dan taruh beras dalam wadah, siram dengan air panas dan aduk beras tersebut.
  4. Panaskan air kembali dalam dandang sampai mendidih, lalu masukan lagi beras tersebut ke dalam kukusan dan taruh di dalam dandang.
  5. Tunggu hingga matang, dan angkat kemudian dinginkan nasi menggunakan kipas angin.
  6. Nasi siap untuk di masukan ke dalam box.

Untuk pembuatan sambal

  • Kukus semua bahan sambal, kecuali gula, garam dan juga penyedap rasa.
  • Angkat bahan tersebut, kemudian haluskan, berikan gula, garam, dan juga penyedap rasa secukupnya.
  • Jika terlalu kental bisa tambahkan sedikit air dan aduk rata.
  • Sambal siap di hidangkan.

Nah untuk pembuatan lauk seperti:

  • Ayam, udang, mie, tempe tahu dan lainnya bisa kalian masa sesuai selera kalian.
  • Susun nasi, lauk, sambal dan juga lalapan ke dalam box jangan lupa tambahkan kerupuk dan juga buah sebagai pelengkap nasi box anda.

Itulah resep sederhana untuk membuat nasi bok, semoga bermanfaat, dan untuk anda yang tidak mau repot repot untuk membuat nasi box anda bisa pesan nasi box di royal snack box atau kunjungi link ini royalsnackbox.com, sekian dari saya semoga dapat membantu anda untuk dapat membuat atau pesan nasi box.