Cara Tepat yang Digunakan Untuk Merawat Trafo

  • 2 min read
  • Dec 06, 2019
Cara Tepat yang Digunakan Untuk Merawat Trafo

Bagi perusahaan yang memanfaatkan jasa perawatan trafo, tentu akan mengerti waktu berkala untuk melakukan perawatan tersebut. Terjadinya hubungan singkat pada transformator yang dikarenakan gangguan hubungan pendek antar lilitan akibat rusaknya laminasi serta perubahan kandungan pada gas H2, CO, CH4, C2H4 serta C2H2.

Agar hal tersebut tidak terjadi dan dihindarkan dari gangguan tersebut serta trafo selalu dalam keadaan yang stabil ketika beroperasi, Anda harus menaruh perhatian khusus kepadanya trafo tersebut. Terutama pada saat pengoperasian dengan beban yang penuh dan pada kondisi atau keadaan tertentu dan berbahaya. Berikut langkah dan cara untuk melakukan perawatan pada transformator secara rutin dan berkala 1 tahun, diantaranya adalah:

Pemeriksaan Pada Bagian Luar

  • Memeriksakan kondisi tangki trafo secara menyeluruh, termasuk didalamnya baut, mur, dan juga termasuk pada bagian yang dilas dan memastikan tidak mengalami kebocoran.

Memeriksakan kondisi atau keadaan sambungan kabel atau konduktor pada pentanahan dan terminal-terminal.

  • Memeriksakan keadaan silica gel yang berada dalam breather. 3/4 bagian dari silicagel yang harus berada dalam kondisi berwarna biru. Apabila kurang dari itu, silica gel segera diganti keseluruhan atau diaktifkan kembali.
  • Memeriksakan tingginya oli, kemudian pastikan berada pada batas yang ditentukan oleh oli level indicator atau gauge.
  • Memeriksa tekanan nitrogen jika dilengkapi dengan nitrogen, dengan ketentuan seharusnya diantara +2 Psi dan +3 Psi.

Pembersihan Pada Trafo

  • Membersihkan terminal isolator dengan kain yang kering dan juga bersih.
  • Membersihkan tangki dan juga radiator trafo. Anda disarankan untuk menggunakan angin dengan tekanan untuk dapat menghembuskan debu yang kemudian dapat dikeringkan kembali oleh angin.
  • Apabila terdapat salah satu bagian trafo yang berkarat, hilangkan karat tersebut dengan amplas dan cat kembali.

Periksa Perlengkapan Trafo

Memeriksakan kelengkapan trafo, mulai dari peralatan dan perlengkapan apakah masih dapat bekerja dengan baik atau tidak. Apabila trafo dilengkapi oleh relay pengaman, periksa kembali kondisi dari contact point.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa trafo, salah satu jasa perawatan tersebut adalah Sewatama. Anda dapat mengunjungi website sewatama.com untuk mendapatkan informasi mengenai jasa layanan yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Tidak hanya untuk perawatan saja, namun juga menyediakan layanan sewa genset.