Cotton Combed 30s vs 24s, Mana yang Bagus?

  • 2 min read
  • Sep 26, 2021
Cotton Combed 30s vs 24s

Cotton Combed merupakan salah satu bahan kaos yang sangat umum digunakan. Jenis dari catton combed sendiri ada beberapa seperti catton combed 20s, 24s. 30s, dan 40s.

Dari beberapa jenis tersebut, caatton combed yang sering dibanding bandingkan adalah catton combed 30s dan 24s. Kira kira dari Cotton Combed 30s vs 24s, mana yang bagus?

Sebelumnya, apa sih maksud dari angka dan huruf pada jenis catton combed tersebut? Angka pada jenis catton combed tersebut melambangkan nomor benang sedangkan untuk huruf ā€œsā€ yang mengikutinya berarti ketebalan benang atau sering disebut juga dengan single knit.

Beberapa orang beranggapan bahwa catton combed 30s lebih bagus dari pada catton combed 24s dikarenakan angka 30 jauh lebih besar jika dibandingkan dengan angka 24. Namun, benarkah anggapan ini? Berikut ini jawabannya!

Cotton Combed 30s vs 24s, Mana yang Bagus?

Pada dasarnya, semua bahan catton combed memiliki karakteristik yang sama yakni lembut, adem, mampu menyerap keringat dengan baik, dan memiliki permukaan yang halus serta tak berbulu.

Jika sedang musim pakaian dengan bahan catton combed 30s akan lebih nyaman dikenakan, karena kain catton combed 30s jauh lebih tipis dari pada 24s.

Kain catton combed 30s merupakan kain yang sangat umum digunakan di konveksi konveksi besar seperti konveksi Bandung maupun di distro distro terkenal. Dari pernyataan tersebut bisa disimpulkan jika orang Indonesia pasti sudah sering mengenakan catton combed 30s dari pada 24s.

Meskipun kain catton combed 24s bukanlah kain yang banyak digunakan di distro-distro maupun konvensi, namun kain ini tetap banyak peminatnya terutama untuk pembuatan pakaian yang membutuhkan kain tebal.

Bagaimana dengan gramasi dari kedua jenis catton combed ini? Karena ketebalan kedua kain ini berbeda tentu saja gramasi yang dimiliki kedua kain ini juga berbeda.

Untuk Anda yang belum tahu gramasi, gramasinadalah satuan ukuran berat kain dalam gram. Gramasi kain catton combed 30s umumnya sekitar 140-160 gsm sedangkan gramasi untuk catton combed 24s kurang lebih 175 – 185 gsm.

Selain gramasi yang berbeda, pada beberapa tempat ketersediaan warna dari kedua kain ini juga berbeda yakni catton combed 30s yang memiliki warna kisaran di angka 50 dan catton combed 24s memiliki varian warna sekitar 32

Jadi kesimpulannya Cotton Combed 30s vs 24s, mana yang bagus?

Antara kedua jenis catton combed ini sama sama memiliki kualitas yang bagus hanya saja jika ditanya lebih bagusan mana tentu saja preferensi masing masing akan berbeda. Namun jika Anda lebih nyaman dengan baju yang memiliki ketebalan yang biasa saja, mungkin catton combed 30s cocok untuk Anda namun jika Anda ingin kaos yang lebih tebal dari pada biasanya, pilihlah catton comber 24s.