Dokter Umum di Jakarta Timur: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Cuaca Panas

  • 2 min read
  • Dec 04, 2019
Dokter Umum di Jakarta Timur: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Cuaca Panas

Menemukan dokter umum di Jakarta Timur terbaik sekarang ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, apalagi Anda bisa mengandalkan beragam aplikasi untuk kesehatan yang bisa didownload dan install secara mudah, sehingga tinggal cari dokternya kemudian buat janji untuk pemeriksaan. Pastinya setiap orang ingin hidup sehat, karena pada dasarnya kesehatan ini adalah hal yang paling mahal harganya. Namun juga bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya penyakit bisa menyerang kapan saja dan juga siapa saja.

Kondisi atau masalah kesehatan yang sifatnya masih ringan atau biasa sangat mungkin untuk dilakukan pengobatan secara mudah. Hanya saja berbeda ceritanya jika seandainya Anda sudah terjangkit penyakit yang berbahaya, maka harus menemukan alternatif pengobatan yang tepat agar nantinya bisa sembuh, ditambah lagi biaya yang harusnya dikeluarkan untuk berobat juga tidak bisa dikatakan murah. Apalagi di cuaca yang terbilang panas akhir-akhir ini, memang pada dasarnya sebagian besar wilayah yang akan di Indonesia akan dilanda oleh suhu ekstrim.

Cuaca yang panas bisa memicu beragam jenis masalah kesehatan yang cukup serius, untuk melakukan pencegahannya maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  1. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena bagaimanapun resiko masalah kesehatan yang mungkin terjadi saat suhu udara tengah begitu panas adalah dehidrasi, guna mencegahnya maka Anda harus mengkonsumsi air putih secara cukup, sehingga tubuh tidak sampai kekurangan cairan, sebaiknya untuk jumlah yang Anda konsumsi sendiri lebih ditingkatkan atau ditambah dibandingkan dengan biasanya, apalagi jika menjalani aktivitas atau rutinitas yang padat.
  2. Gunakan pakaian senyaman mungkin, lebih dianjurkan untuk memakai pakaian yang tipis-tipis saja, jangan pakaian yang tebal karena memungkinkan Anda lebih cepat berkeringat atau menjadi gerah, membuat lebih banyak cairan tubuh yang nantinya akan dikeluarkan.
  3. Menjaga pola makan, ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, mengingat bagaimanapun asupan makanan yang masuk kedalam tubuh akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda, termasuk diantaranya adalah pada sistem imuns, karena beresiko untuk turunkan daya tahan tubuh jika sampai asupan nutrisi yang dibutuhkan tidak tercukupi. Pastikan juga bahwa makanan yang dikonsumsi tersebut bergizi dan higienis.
  4. Istirahat secara cukup, hendaknya jangan memforsir tenaga Anda untuk bekerja, pastikan mendapatkan jam tidur atau istirahat secara cukup, sehingga nantinya daya tahan tubuh juga meningkat. Cukupi waktu istirahat Anda paling tidak adalah selama 6 hingga 8 jam perhari.
  5. Jika perlu maka bisa mengkonsumsi multivitamin, ini sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh jadi, sehingga tidak gampang terkena penyakit. Ada banyak sekali multivitamin yang dijual di pasaran, namun tetap harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
  6. Olahraga tetap jadi rutinitas penting yang harus dilakukan, namun sebagainya tidak dilakukan secara berlebihan, apalagi di saat cuaca tengah begitu panas atau di siang hari, pilih jam-jam terbaik untuk melakukan olahraga, begitu juga dengan tempatnya lebih disarankan berolahraga di tempat yang teduh.

Mudah untuk dilakukan bukan, dengan demikian nantinya kesehatan juga akan tetap terjaga tidak peduli dalam kondisi panas seperti apapun. Jika sudah mulai dirasakan tanda-tanda atau gejala tubuh terserang penyakit, hendaknya Anda segera periksa ke dokter umum di Jakarta Timur terbaik atau yang ada di sekitar daerah tempat tinggal saja.