Gejala Awal Penularan Virus Corona Simak Informasinya dari SehatQ.com

  • 2 min read
  • Mar 01, 2021
Virus Corona

Seperti yang sedang terjadi saat ini, bahkan sampai mewabah keseluruh penjuru dunia, severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) dan yang paling banyak dikenal dengan virus corona atau juga dengan sebutan covid-19. Corona merupakan salah satu nama virus baru dari coronavirus yang mana dapat menular kepada manusia. Virus corona inipun dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia, mulai dari lansia (gologan usia lanjut), anak-anak, orang dewasa, para remaja, dan juga bayi, termasuk juga dapat menularkan ibu hamil dan juga menyusui. Bahkan yang lebih parah lagi, virus ini sangat rentan tertular bagi orang yang sudah berusia lanjut (lansia).

Virus corona ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir bulan Desember 2019 yang lalu. Virus corona atau covid-19 ini pun dapat menular dan menyebar dengan cepat ke berbagai penjuru Negara, yang termasuk juga Indonesia dengan jangka waktu penularan dalam kurun waktu beberapa bulan. Coronavirus ini juga merupakan kumpulan dari virus yang dapat/bisa menginfeksi sistem pada pernapasan. Untuk berbagai kasus yang sering ditemukan, virus corona ini menyebabkan infeksi pernapasan ringan seperti flu. Akan tetapi jangan remehkan, virus corona ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Virus corona ini juga menular melalui percikan dahak (droplet) melalui saluran pernapasan. Seperti ketika sedang berada pada ruang yang tertutup dan juga yang ramai dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau kontak langsung dengan droplet.

Gejala virus corona (covid-19)

Ketahuilah gejala-gejala awal yang dirasakan saat terinfeksi virus corona atau covid-19 penyerupaannya seperti gejala flu, yaitu demam, batuk kering, sakit tenggorokan, pilek, dan juga sakit kepala. Setelah itu, gejala tadi akan hilang dan dapat sembuh atau bisa jadi malah tambah memberat. Bagi para penderita yang mengalami gejala yang cukup berat, biasanya akan mengalami demam yang tinggi, batuk berdahak sampai berdarah, sesak nafas, dan nyeri dada. Semua gelaja tadi yan telah disebutkan akan muncul ketika tubuh sedang bereaksi untuk melawan virus corona.

Untuk gejala umum yang kerap kali atau sering terjadi ada 3 yang juga menandakan bahwa seseorang tersebut telah terinfeksi virus corona, yaitu :

  1. Demam (suhu tubuh dengan diatas 38 derajat Celsius)
  2. Mengalami batuk kering
  3. Sesak nafas

Ada juga gejala lainnya yang bisa juga dapat muncul pada infeksi virus corona meskipun lebih jarang, yaitu :

  1. Mengalami diare
  2. Sakit kepala
  3. Konjungtivitis
  4. Hilangnya kemampuan mengecap rasa
  5. Hilangnya kemampuan untuk dapat mencium bau (anosmia)
  6. Ruam di kulit

Untuk gejala-gejala covid-19 diatas, umumnya akan muncul dalam kurun waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah penderita terpapar virus corona. Bagi para penderita yang sudah terinfeksi virus corona, maka ia bisa mengalami penurunan oksigen tanpa adanya gejala apapun. Kondisi tersebut dinamakan dengan happy hypoxia.

Untuk dapat memastikan apakah gejala-gejala yang sebagaimana telah disebutkan diatas merupakan gejala dari virus corona, alangkah baiknya untuk dapat melakukan rapid test covid-19. Agar cepat untuk menemukan tempat rapid test covid-19 dan tidak perlu keluar rumah dan menghindari kontak langsung dengan orang-orang yang berada di luar rumah, karena sekarang teknologi informasi sudah mulai canggih Anda juga bisa dapat menemukannya dengan produk digital. Bisa diakses secara online pada smartphone Anda.