Harga Kawat Gigi Berdasarkan Jenisnya

  • 2 min read
  • Oct 08, 2019
Harga Kawat Gigi

Mempertahankan posisi dan meluruskan gigi Anda dengan cara konsisten adalah dengan memberikan tekanan agar tidak bergerak. Menurut American Association of Orthodontists, perawatan biasanya dimulai antara usia 9 dan 14 tahun. Tetapi semakin banyak orang dewasa yang memperbaiki kawat gigi, secara otomatis meningkatkan kemampuan mereka untuk mengunyah makanan dan membersihkan gigi mereka dengan benar. Jika Anda menggunakan asuransi gigi, harga kawat gigi dan perawatannya untuk orang dewasa tergantung pada cakupan spesifik Anda. Berikut ini adalah daftar harga kawat gigi untuk masing-masing jenisnya:

Kawat gigi dari logam

Biasanya terbuat dari stainless steel, ini masih populer karena harganya terjangkau dan tahan lama. Kawat gigi logam adalah yang paling dapat dilihat secara jelas. Jika gigi tidak disikat dengan benar atau dirawat selama perawatan kawat gigi, mereka mungkin tampak berubah warna setelah kawat tersebut dilepas. Menurut Panduan Konsumen untuk Kedokteran Gigi, rata-rata harga kawat gigi logam adalah berkisar antara 4 juta rupiah.

Kawat gigi keramik

Kawat gigi keramik berbaur dengan gigi Anda dan tidak terlihat, tetapi bisa patah. Harganya memang cukup mahal yakni 8 juta rupiah, mengingat kawat gigi jenis ini dapat membuat Anda tidak terlihat memakai kawat gigi.

Kawat gigi Lingual

Kawat gigi Lingual dibuat khusus untuk disembunyikan di belakang gigi Anda. Harganya lebih baik dari baja tahan karat dan keramik, membutuhkan pemasangan ortodontis yang terampil. Mereka tidak dapat dipasang dengan baik pada gigi berukuran kecil karena akan menghalangi lidah Anda, sehingga berpotensi menyebabkan masalah bicara dan cedera lidah. Harga serta pemasangan kawat gigi yang dipasang di belakang gigi ini adalah mulai 14 juta rupiah atau bahkan lebih, tetapi perhatikan bahwa banyak dokter gigi tidak menawarkannya.

Kawat gigi invisalign

Kawat gigi ini amat sangat tidak terlihat jika terpasang di gigi Anda. Sebuah alat seperti baki dapat berharga paling mahal dibanding harga kawat gigi jenis lain. Asuransi gigi biasanya tidak dapat mencakup biaya jika perawatan diklasifikasikan sebagai prosedur kosmetik. Namun Anda tidak perlu khawatir, RATA, The First Indonesian Clear Aligner menjawab segala hal permasalahan gigi Anda dan juga keluarga Anda.