Ingin Jual Rumah Bekasi? 7 Hal Ini Akan Menguatkan Niat Anda

  • 3 min read
  • Jan 16, 2020
Ingin Jual Rumah Bekasi 7 Hal Ini Akan Menguatkan Niat Anda

(Photo: Piqsels)

Bagi sebagian orang, Bekasi bukan hanya sebuah wilayah yang terletak berdekatan dengan Jakarta. Lebih dari itu, banyak orang yang berminat untuk jual rumah Bekasi karena dianggap cukup menguntungkan.

Aktivitas jual beli rumah di Bekasi memang cukup tinggi. Sebagai salah satu wilayah penyanggah ibu kota, Bekasi menjadi salah satu wilayah yang paling diminati masyarakat untuk dijadikan tempat tinggal.

Wilayah ini dianggap cukup prospektif dan menguntungkan bagi aktivitas jual beli rumah atau bisnis properti. Sehingga, tak heran jika banyak developer besar tertarik mengembangkan wilayah tersebut.

Lantas, apa sih yang membuat rumah di Bekasi  begitu prospektif? Selengkapnya di bawah ini:

7 Alasan untuk Beli atau Jual Rumah Bekasi

Meski sering dicemooh karena lokasinya yang cukup jauh dan rawan kemacetan, namun hal tersebut nyatanya tak menyurutkan minat orang-orang untuk membeli rumah di Bekasi.

Jika demikian, daya tarik apa sih yang dimiliki oleh Bekasi, sehingga aktivitas beli dan jual rumah Bekasi cukup tinggi? Berikut beberapa alasannya.

  1. Harga Jual Rumah Bekasi yang Terus Meningkat

Sudah jadi rahasia umum, jika harga jual rumah Bekasi terus meningkat setiap tahunnya. Menurut data tahun 2016 saja, peningkatan harga hunian tapak di sana mencapai angka 12,5 – 24 persen tiap tahunnya.

Hal ini tidak terlepas dari banyaknya proyek infrastruktur yang dibangun di kawasan tersebut, sehingga harga properti yang ada di sana ikut terdongkrak.

Lagipula, sudah jadi hukumnya ketika banyak infrastruktur dan fasilitas umum dibangun di suatu wilayah, maka orang-orang berlomba untuk membeli rumah di sana dan membuat harganya meningkat pesat.

  1. Lengkapnya Infrastruktur di Bekasi

Dibanding belasan tahun lalu, Bekasi jelas mengalami perubahan yang cukup signifikan. Bukan hanya harga jual rumah Bekasi, perubahan tersebut terlihat dari infrastruktur yang dimiliki oleh kota tersebut.

Saat ini, Kota Bekasi telah dilengkapi dengan berbagai infrastruktur yang dapat mempermudah aktivitas masyarakatnya, misalnya seperti Tol Becakayu (Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) dan Tol JORR.

Kedua ruas tol tersebut jelas mempermudah dan mempersingkat jarak tempuh dari Bekasi ke daerah-daerah lain di sekitarnya, termasuk wilayah Ibu Kota Jakarta.

Selain ruas tol, ada pula pembangunan jalur Light Rail Transit (LRT) yang sangat berguna untuk Anda yang sering berpergian dengan moda transportasi umum.

  1. Tersedia Fasilitas Umum yang Memadai

Meski hanya bertitel kota satelit, namun fasilitas umum yang tersedia di Kota Bekasi tak kalah lengkapnya dengan Jakarta. Bahkan, beberapa fasilitas umum  di Bekasi dianggap lebih baik daripada di Kota Jakarta.

Misalnya saja seperti pusat perbelanjaan, coba hitung berapa banyak mal yang dibangun di kawasan Bekasi? Beberapa mal tersebut bahkan sangat besar dan sangat ramai dikunjungi masyarakat.

Selain itu, untuk fasilitas pendidikan, kesehatan, pusat-pusat hiburan, dan lain-lain, agaknya Kota Bekasi tak kalah memadainya. Oleh sebab itu, tak heran jika harga jual rumah Bekasi cukup tinggi saat ini.

  1. Minimnya Ketersediaan Lahan Kosong di Jakarta

Minimnya Ketersediaan Lahan Kosong di Jakarta

(Photo: Pixabay)

Masifnya pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum yang terjadi di Jakarta membuat ketersediaan lahan kosong dan perumahan semakin menipis di kota tersebut.

Jikalaupun ada, harga rumah di Jakarta tentu sudah sangat tinggi. Meski harga jual rumah Bekasi juga tak bisa dikatakan murah, namun angkanya masih lebih rendah jika dibanding harga rumah di Jakarta.

Maka dari itu, minimnya ketersediaan lahan di Jakarta menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang berminat untuk membeli ruamh di Kota Patriot, Bekasi.

  1. Rumah dari Beberapa Kawasan Industri Besar

Selain Cikarang, Bekasi dikenal sebagai salah satu kawasan Industri terbesar yang ada di Jabodetabek. Terhitung, ada delapan kawasan industri besar yang dibangun di kawasan Bekasi.

Kawasan-kawasan industri tersebut, di antaranya Jababeka, Lippo Cikarang, Delta Mas, East Jakarta Industrial Park, Megapolis Manunggal Industrial Development, Bekasi Fadjar Hungkang, dan lain-lain.

Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang ingin membeli rumah di Bekasi untuk berinvestasi. Pasalnya, dengan adanya kawasan industri tersebut, harga jual rumah Bekasi jadi meningkat.

  1. Terdapat 21.000 Ekspatriat di Bekasi

Banyaknya kawasan industri besar yang dibangun di Bekasi membuat kawasan ini dipenuhi oleh ekspatriat. Para warga negara asing (WNA) tersebut tinggal dan menetap di Bekasi untuk bekerja.

WNA memang dilarang memiliki rumah di Indonesia. Namun, para ekspatriat ini tentu membutuhkan tempat tinggal selama berada di tanah air. Itu sebabnya, peluang bisnis sewa rumah terbuka di sana.

Harga sewa dan harga jual rumah Bekasi tentu berbeda. Meski begitu, menyewakan rumah ke ekspatriat juga menguntungkan karena biaya sewa yang dikenakan kepada mereka lebih tinggi daripada WNI.

  1. Lokasi yang Ideal untuk Memulai Kehidupan Baru

Alasan terakhir mengapa orang-orang tertarik untuk pindah ke Bekasi adalah, kota ini merupakan lokasi yang tepat bagi mereka yang ingin memulai kehidupan baru.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Bekasi memiliki semua hal yang kita butuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Biaya hidup di Bekasi juga relatif tidak terlalu mahal, apalagi dibandingkan Jakarta.

Selain itu, UMK Bekasi pada tahun 2020 juga cukup tinggi, yakni mencapai Rp4,58 juta. Angka tersebut bahkan lebih tinggi dibandingkan Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan yang notabenenya kota besar.

Setelah membaca penjabaran di atas, apakah kamu berminat untuk membeli atau jual rumah Bekasi? Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kita semua.

Selamat mencoba!