Ini Dia Beberapa Tips Simple Untuk Menjaga Kesehatan Sendi Tubuh

  • 2 min read
  • Feb 25, 2020
Menjaga Kesehatan Sendi Tubuh

Di dalam sendi dubuh manusia itu terdapat tulang rawan (kartilago) serta cairan sinovium, yang berperan sebagai bantalan antar tulang sehingga tidak saling bergesekan. Semakin bertambahnya usia seseorang, maka bantalan tersebut sudah mulai menipis yang bisa menimbulkan gesekan antar tulang. Nah, kondisi tersebutlah yang menyebabkan persendian menjadi rusak sehingga memicu terjadinya radang sendi. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa tips simple untuk menjaga kesehatan sendi tubuh. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

  • Menjaga Berat Badan

Tips simple pertama untuk menjaga kesehatan sendi tubuh, yakni dengan menjaga berat badan. Mengapa demikian? Pasalnya, kelebihan berat badan ini merupakan salah satu faktor penyebab sendi pada lutut, pinggul, dan punggung harus menanggung beban yang lebih besar. Semakin berat bobot tubuh anda, tentu saja akan semakin tinggi juga risiko gangguan pada sendinya. Oleh karena itu, anda harus menjaga berat badan agar tetap ideal.

  • Jangan Sering Duduk Dalam Waktu Lama

Ada beragam hal yang dapat membuat kita duduk dalam waktu lama, seperti menonton, mengetik, berkendara, dan lain sebagainya. Jika kita sering duduk dalam waktu yang lama, maka dapat meningkatkan risiko terkena gangguan sendi lho! Sedari itu, disarankan bagi anda untuk lebih sering bergerak agar sendi semakin lentur dan mengurangi risiko terkena gangguan sendi. Jikapun anda harus bekerja dengan duduk selama berjam-jam, maka lakukan peregangan minimalnya tiap 15 menit sekali.

  • Perhatikan Postur Tubuh Anda

Salah satu cara yang cukup efektif dalam menjaga kesehatan sendi tubuh, yakni dengan memperhatikan postur tubuh. Pasalnya, postur tubuh yang buruk ini bisa membuat beban pada sendi semakin meningkat. Postur tubuh yang salah tersebut seperti ketika posisi duduk, berdiri, dan berjalan yang salah. Dalam hal ini, anda harus mempertahankan posisi tegak ketika sedang duduk dengan punggung dan kedua bahu lurus, kedua telapak kaki menyentuh lantai, serta mengubah posisi setiap 30 menit.

Ketika tidur, usahakan untuk menjaga posisi tubuh tetap nyaman dan menjaga kelengkungan tulang belakang. Selain itu, usahakan juga untuk tidak duduk dengan bantal yang terlalu tinggi atau menyamping dalam waktu yang lama.

  • Mengonsumsi Makanan-makanan Bergizi

Dalam tips yang berikutnya ini, anda diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, potein, vitamin C, vitamin D, antioksidan, dan asam lemak omega 3. Kandungan nutrisi tersebut bisa anda temui pada buah-buahan, sayuran hijau, ikan, minyak zaitun, biji-bijian utuh, susu, yoghurt, keju, kacang-kacangan, dan teh hijau. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi suplemen-suplemen tertentu seperti Blackmores Glucosamine.

  • Hindari Kebiasaan Buruk Merokok

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kebiasaan buruk yang satu ini sama sekali tidak ada manfaatnya. Bahkan, kebiasaan merokok dapat mengancam kesehatan yang bisa memicu beragam jenis penyakit lho! Ya, salah satunya dapat meningkatkan risiko terkena gangguan sendi seperti osteoporosis, fraktur, bursitis, hingga nyeri pinggang. Pasalnya, pada rokok tersebut mengandung zat kimia berbahaya yang jumlahnya bisa mencapai jutaan. Mengingat dampak buruknya yang sedemikian rupa, sudah menjadi keharusan bagi anda untuk segera meninggalkan kebiasaan merokok.

Nah, itulah beberapa tips simple untuk menjaga kesehatan sendi tubuh. Dengan mengikuti tips-tips diatas tadi, tentu saja kesehatan sendi tubuh anda akan senantiasa terjaga.