Tumpeng sangat identik dengan acara penting, seperti HUT RI yang jatuh pada tanggal 17 agustus. Dengan bentuknya yang mengerucut ke atas, berikut ini adalah 9 jenis tumpeng untuk berbagai kesempatan acara.

  1. Tumpeng Megana

Jenis tumpeng ini dibuat untuk merayakan kelahiran, dengan nasi putih yang melambangkan kesucian dan sayur mayur yang melambangkan pengharapan doa bagi sang anak kelak.

  1. Tumpeng Punar

Dibuat untuk mengekspresikan rasa syukur dan kegembiraan. Nasi yang digunakan berwarna kuning sedangkan lauk pauknya berupa kedelai goring,abon, kering temped an lauak lainnya.

  1. Tumpeng Robyong

Merupakan jenis tumpeng yang biasa disajikan pada acara besar seperti musim panen atau meminta hujan, dipuncak tumpeng biasanya di tusukkan telur ayam terasi bawang merah dan cabai.

  1. Tumpeng Pungkur

Jenis tumpeng ini menggunakan nasi putih yang dicetak setengah, kemudian dibelah dua secara vertical dan dipasang terbalik. Tumpeng pungkur biasanya disajikan dalam acara kematian

  1. Tumpeng Kapuranto

Jenis tumpeng ini menggunakan nasi berwarna biru, yang diwarnai dengan daun bunga telang. Jenis tumpeng yang menjadi permintaan maaf ini menggunakan 7 macam lauk.

  1. Tumpeng Kendit

Tumpeng warna kuning dan putih ini melingkari dua pertiga dari puncaknya. Jenis tumpeng ini disajikan untuk menandakan orang tersebut terbebas dari kesulitan.

  1. Tumpeng Ponco warno

Jenis tumpeng ini terdiri atas 6 warna yaitu merah,kuning,hitam,biru,putih dan hijau.Jenis tumpeng ini bertujuan untuk keseimbangan angtara alam ghain dan alam manusia.

  1. Tumpeng Asrep asrepan

Tumpeng ini bertujuan untuk menenangkan diri atau mencari kondisi yang tenang, jenis tumpeng ini menggunakan nasi putih dengan sayuran yang direbus

  1. Tumpeng Tumbuk

Jenis tumpeng ini disajikan pada ulang tahun, terutama saat usia 64 tahun. tumpeng ini dihias dengan  kacang panjang dari puncak ke dasar.yang melambangkan umur panjang. Harga nasi tumpeng bervariasi tergantung jenis dan porsinya.

  1. Tumpeng Rasulan

Tumpeng dengan nasi uduk dan lauk pauk ingkung, ayam yang bentuknya seperti bersujud

  1. Tumpeng kuning

Tumpeng yang nasinya berwarna kuning, biasanya pewarna yang digunakan adalah kunyit, lauk pauk yang digunakan adalah tahu,tempe,telur ayam dan urap.

  1. Tumpeng putih

Adalah tumpeng dengan hiasan urap (kuluban) yang berbumbu tidak pedas. Urap ini ditata mengelilingi pinggir tumpeng dan jumlah sayuran yang mengelilingi urap itu harus ganjil.

  1. Tumpeng dhuplak

Adalah  jenis tumpeng yang memakai telur ayam rebus,tahu, tempe,ayam panggang dan urapan

  1. Tumpeng gundhul

Tumpeng yang tidak dihiasi lauk pauk pelengkap

  1. Tumpeng kencana

Merupakan tumpeng yang terbuat dari ketan dan dengan lauk pauk telur dadar dan urap.

  1. Tumpeng ropoh

Adalah nasi tumpeng putih dengan hiasan pisang raja dan pisang pulut

  1. Tumpeng panggang

Adalah nasi tumpeng yang dihiasi urap dan ayam panggang

  1. Tumpeng bango tulak

Merupakan nasi tumpeng yang dibuat untuk kelengkapan  upacara tolak bala (tolak bencana) ciri khasnya adalah pada bagian bawahnya yang berwarna hitam dan bagian atasnya yang berwarna putih.

  1. Tumpeng urubing damar

Yaitu nasi tumpeng yang secara khusus digunakan sebagai sesaji kepada ratu pantai selatan. Bentuknya kecil, dengan lampu bamboo dibagian kanan dan kirinya.

  1. Tumpeng robyong ghundul

Adalah nasi tumpeng yang bentuknya hamper sama dengan tumpeng robyong , bedanya disekeliling tumpeng ini tidak ditancapi sayuran.

Sekian informasi tentang macam-macam nasi tumpeng semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya