Mengenal Nama-nama Lain Hari Kiamat Didalam Al-Quran

  • 2 min read
  • Apr 27, 2021
Mengenal Nama-nama Lain Hari Kiamat Didalam Al-Quran

Mempercayai datangnya hari kiamat merupakan rukun iman yang kelima. Karena itu, Anda sebagai umat Islam wajib meyakini akan datangnya hari akhir. Hari kiamat juga memiliki nama-nama yang berbeda sebagaimana yang tertulis dalam Al-Quran. Selain mempercayainya, alangkah baiknya Anda juga memahami nama nama lain dari hari kiamat untuk makin mempertebal keimanan Anda.

Tidak ada satu makhluk pun yang mengetahui kapan akan tibanya hari akhir, hanya Allah SWT saja yang mengetahui kapan terjadinya. Tapi, Allah memberitahukan tanda tandanya supaya manusia selalu ingat dan bisa mempersiapkan dirinya sebaik mungkin.

Berikut nama nama lain hari kiamat didalam Al-Quran yang perlu diketahui :

  1. Yaumul Wa’id (Hari Yang Dijanjikan)

Saat Malaikat Israfil meniupkan sangkakala, ketika itulah akan diwujudkannya segala hal yang dijanjikan Allah. Allah berfirman dalam Al Quran Surat Qaf, yang artinya “Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari terlaksananya ancaman.”

  1. Yaumul Khulud (Hari Yang Kekal)

Dunia yang kita tinggali saat ini hanya sementara, karena yang kekal adalah akhirat sebagaimana yang dijelaskan dalam Al Quran surat 34, yang artinya : “Masukilah surga itu dengan aman, itulah hari kekekalan.”

  1. Yaumul Khuruj (Hari Dikeluarkan Dari Kubur)

Hari kiamat adalah hari kebangkitan, dimana akan dibangkitkannya seluruh manusia dari kuburnya. Allah berfirman dalam Al Quran surat Qaf ayat 42, yang artinya : “(Yaitu) pada hari mereka mendengar teriakan dengan sebenar benarnya itulah hari keluar (dari kubur).”

  1. Yaumul ‘Asir (Hari Yang Sulit)

Hari kiamat bisa diartikan sebagai hari yang sulit bagi manusia yang banyak amal buruknya. Allah berfirman dalam Al Quran surat Muddatstsir ayat 9, yang artinya : “Maka waktu itu adalah waktu (datangnya) hari yang sulit.”

  1. Al-Qari’ah (Ketukan Keras)

Datangnya hari kiamat adalah ketukan keras bagi seluruh umat manusia. Allah berfirman dalam Al Quran surat Al-Qariah ayat 3, yang artinya : “Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?”

  1. Al-Azifah (Suatu Yang Dekat)

Meski tidak diketahui secara pasti kapan datangnya hari kiamat, namun sesungguhnya hari kiamat itu dekat. Hanya saja manusia terlalu terlena oleh tipuan duniawi sehingga tidak menyadarinya.

Allah berfirman dalam Al Quran surat An-Najm ayat 57, yang artinya : “Telah dekat terjadinya hari kiamat.”

  1. Ash-Shakhkhah (Teriakan)

Pada hari kiamat, manusia yang beramal buruk semasa hidupnya di dunia akan berteriak. Mereka menyesali perbuatannya dan memohon ampunan namun sudah terlambat. Allah berfirman  dalam Al Quran surat ‘Abasa ayat 3, yang berbunyi “Tahukah kamu barangkali ia ingin membersihkan dirinya (dari dosa).”

  1. Al Haqqah (Yang Pasti)

Sesuai janji Allah, hari kiamat itu pasti ada. Hal ini tertulis dalam Al Quran surat Al Haqqah ayat 3, yang artinya : “Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?”

  1. Ath Thammatul Kubra (Bencana Besar)

Hari kiamat memiliki nama lain bencana besar bagi umat manusia. Hal ini tertulis dalam Al Quran surat An-Nazi’at ayat 34, yang artinya : “Maka apabila malapetaka yang sangat besar (hari kiamat) telah datang.”

  1. Al-Waqi’ah (Hari Kiamat)

Kisah tentang Hari Kiamat dijelaskan dalam Al Quran surat Al-Waqi’ah ayat 1, yang berbunyi : “Apabila terjadi hari kiamat.”

  1. Darul Qarar (Tempat Kembali)

Hari kiamat juga disebut sebagai tempat kembali, karena pada saat itulah seluruh manusia akan kembali kepada sang pencipta.

Allah berfirman dalam Al Quran surat Al Mu’min ayat 39, yang berbunyi : “Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.”