Minuman Apa Sih yang Paling Pas Diminum Setelah Berolahraga?

  • 2 min read
  • May 19, 2021
Minuman isotonic

Sudah banyak orang yang merasakan manfaat berolahraga bagi tubuh mereka. Mulai dari menjaga badan tetap sehat, menurunkan berat badan, mencegah dari macam-macam penyakit hingga untuk tidur yang lebih berkualitas [1].

Setelah berolahraga, umumnya tubuh akan kehilangan banyak cairan akibat dari keringat yang dihasilkan selama berolahraga. Untuk itu penting bagi Anda mengonsumsi asupan cairan dalam jumlah cukup untuk terhindar dari dehidrasi [2].

Dehidrasi yang Anda alami bisa jadi penyebab munculnya masalah ginjal, daya tahan tubuh menurun dan timbulnya cedera saat berolahraga[3].

Itu mengapa sangat penting untuk langsung mengonsumsi minuman sehat untuk membantu proses pemulihan tubuh. Akan tetapi banyak orang yang setelah berolahraga lebih memilih minuman seperti es teh manis, minuman bersoda, dan minuman manis lainnya. Walaupun memang sangat menyegarkan faktanya minuman tersebut mengandung banyak gula buatan yang tidak sehat bagi tubuh [4].

Selama berolahraga tubuh kita telah menggunakan banyak gula serta kehilangan  elektrolit untuk itu kita dianjurkan mengonsumsi minuman yang dapat mengembalikan elektrolit serta kadar gula darah ke jumlah yang normal [4].

Pilihan minuman dibawah ini bisa jadi alternatif selain air putih untuk bisa Anda konsumsi setelah berolahraga.

  • Minuman isotonic

Sudah tidak perlu diragukan lagi, minuman isotonik merupakan salah satu jenis minuman terbaik yang dikonsumsi sebelum, saat dan setelah berolahraga. Minuman ini mengandung elektrolit yang berfungsi untuk mengganti cairan tubuh dengan cepat. Oleh sebab itu, minuman isotonik mampu mengganti cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas dan berolahraga [5].

Selain menggantikan cairan elektrolit, mengonsumsi minuman isotonik sebelum berolahraga dapat memiliki efek perlindungan dan mengurangi kerusakan otot yang terjadi saat berolahraga atau beraktivitas berat [5].

  • Infused water

Anda dapat membuat infused water di rumah dengan cara mencampurkan air dengan buah-buahan favorit, seperti lemon, stroberi, atau blueberry agar menambah rasa. Apalagi, infused water termasuk termasuk minuman rendah kalori yang alami [4].

Selain berapa jumlah cairan yang harus Anda penuhi saat berolahraga, perhatikan juga jenis cairan yang digunakan untuk mengganti kehilangan tersebut. Cairan pengganti yang terbaik agar Anda terhindar dari dehidrasi adalah cairan isotonik dengan kandungan vitamin B.

Untuk minuman isotonik Anda bisa memilih Mizone karena mengandung Vitamin B3, B6, B12 yang akan membantu Anda dalam proses pembentukan energi dan yang paling terpenting Mizone menggunakan pemanis alami dengan kadar gula dan kalori yang rendah. Dilengkapi dengan empat varian rasa yaitu Lychee Lemon (Leci Lemon), Cranberry (Kranberi),Star Fruit (Belimbing), dan Cherry Blossom (Bunga Sakura) yang pastinya akan menyegarkan tubuh Anda kembali setelah berolahraga [6].

Jangan ragu lagi, segera sedia Mizone dirumah Anda!

Source:

  1. https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-olahraga
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/
  3. https://www.alodokter.com/dehidrasi-berat-jangan-diremehkan-pahami-gejala-dan-risikonya
  4. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3293529/minuman-yang-baik-dikonsumsi-setelah-olahraga
  5. https://www.alodokter.com/minuman-isotonik-teman-yang-tepat-saat-berolahraga
  6. https://mizone.co.id/faq