Rekomendasi Nasi Liwet Jakarta

  • 2 min read
  • Dec 12, 2019
Rekomendasi Nasi Liwet Jakarta

Nasi liwet adalah salah satu makanan khas yang berasal dari kota Solo dan ini merupakan salah satu kuliner asli dari daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

Penduduk kota Solo dan sekitarnya biasanya makan nasi liwet setiap hari mulai dari sarapan, hingga makan malam. Nasi liwet ini biasanya dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibu yang menggendongnya pada setiap pagi atau biasa dijual di warung lesehan (tanpa kursi). Tempat yang paling terkenal untuk penjualan nasi liwet (warung lesehan) adalah yang berada di daerah Keprabon yang hanya berjualan nasi liwet pada malam hari saja.

Sentra dari para pedagang nasi liwet banyak kita dijumpai di Desa Duwet dan Menuran Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo.

Lambat laun hidangan nasi liwet ini mulai memasyarakat, dan para penjual nasi liwet pun banyak bermunculan saat ini. “Kalau penjual nasi liwet yang pertama bernama Mbah Karto,” ungkap Nurwanto menjelaskan siapa generasi pertama yang menjual nasi liwet ini. Mbah Karto ini merupakan salah satu penduduk asli Desa Menuran dan diketahui Mbah Karto mulai menjajakan nasi liwetnya ini di sekitaran daerah Keprabon, kota Solo.

Berikut ini adalah rekomendasi nasi liwet solo bagi Anda yang ada di Jakarta!

  1. Nasi Liwet Kartasura

Kuliner Solo Baru yang hanya memiliki dua rasa saja, yaitu enak dan enak banget ini memang jangan sampai Anda lewatkan. Pilihan lauknya pun banyak dan bikin Anda kalap banget dalam memilih lauknya. Ada tahu bacem, tempe bacem, telur pindang, opor ayam, usus, dan ati ampela. Makanan kaki lima yang selalu laris ini memang terkenal dengan harga yang sangat murah meriah. Untuk seporsi dari nasi liwet ditambah dengan lauk telur dan ayam hanya dibanderol dengan harga berkisar Rp 22.000.

  1. Nasi Liwet Keprabon

Kalau yang satu ini merupakan nasi liwet yang paling legendaris banget di Solo. Nasi Liwet Keprabon ini sudah mulai berjualan sejak tahun 1950`an, sampai sekarang masih ramai dan paling banyak dicari oleh para pelanggan setianya. Seporsi dari nasi liwet plus ayam dan telur dengan cita rasa yang gurih dan pedas ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 27.000. dan masih banyak pilihan lauk lainnya yang bisa Anda tambahkan adalah tahu bacem, tempe bacem, telur puyuh, paha ayam, kepala ayam, ceker ayam, dan tahu sayur. Dan juga dilengkapi dengan kerupuk sebagai topingnya.

  1. Nasi Liwet Sriwedari

Nasi Liwet Sriwedari sudah mulai berjualan sejak tahun 1978`an, jadi soal cita rasa tidak perlu untuk Anda ragukan lagi. Untuk porsi normal dari nasi liwet ini ditambah dengan isian ayam suwir dan telur hanya dibanderol dengan harga Rp 10.000 saja. Jika Anda ingin menambahkan dengan lauk tambahan seperti jeroan, Anda hanya cukup membayar sebesar Rp 15.000 saja.

  1. Nasi Liwet Kliwon

Anda bisa langsung memesan seporsi nasi liwet nan gurih plus pilihan lauk sesuai selera Anda. Paling nikmat jika disandingkan dengan irisan telur pindang dan ati ampela. Pastinya akan langsung lumer semuanya di mulut deh. Soal harga tidak perlu Anda permasalahkan karena untuk seporsi nasi liwet ini dijual dengan kisaran harga Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

Itulah beberapa nasi liwet yang saya rekomendasikan untuk Anda semoga bermanfaat untuk Anda, jika Anda ingin mengetahui pilihan menu pesan nasi liwet beserta harganya anda bisa langsung mengunjungi royaltumpeng.com untuk lebih jelasnya.