Jika Anda sering menonton video di YouTube atau Video Streaming Online di Netflix, penggunaan data akan sia-sia. Terutama jika Anda memiliki batasan kuota internet pada paket data Anda. Bahkan, sebagian besar pengguna internet sekarang bergantung pada video online untuk mendapatkan berbagai informasi cepat dan real-time seperti sepak bola live streaming, HBO Now, Hulu, Amazon Video, Starz, CBS All Access, DirectTV Now, Showtime, Sling TV, dll.

Selain menonton video streaming online, mendengarkan musik streaming online seperti Joox atau Spotify menjadi tren yang menghibur dirinya sendiri saat ini. Oleh karena itu, bijaksana untuk menghemat kuota internet saat melakukan aktivitas online terutama saat menonton video streaming online.Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat kuota internet saat menonton video streaming online atau mendengarkan musik streaming online.

Gunakan Aplikasi Penyimpanan Data

Jika Anda menggunakan paket data internet di perangkat Anda atau ditambatkan untuk menonton video streaming online, Anda dapat memotong data yang digunakan dengan menggunakan aplikasi yang disebut Opera Max. Opera Max tersedia untuk perangkat seluler (smartphone atau tablet) dan perangkat desktop (Komputer Pribadi atau laptop).

Selain menyimpan data saat streaming video atau musik online, Opera Max juga akan membantu Anda menyimpan data internet saat mengunduh gambar dan menjelajahi situs web. Opera Max akan memotong 60 persen dari ukuran data video asli, musik, gambar, atau situs web yang diunduh. Tetapi aplikasi ini tidak tersedia untuk memotong ukuran data asli perangkat lunak. Meski begitu, perangkat lunak tidak akan berfungsi.

Bagaimana Tips untuk Menghemat Kuota Internet Saat Streaming Online ?

Tetapkan Batas pada Penggunaan Kuota Internet

Ini adalah salah satu solusi termudah untuk membantu Anda menghemat kuota internet saat menonton video di YouTube dan platform lainnya adalah dengan menetapkan batas penggunaan kuota internet Anda. Jika Anda menggunakan ponsel Android.

Anda dapat pergi ke menu pengaturan seluler, dan kemudian mengatur opsi batas data yang ingin Anda gunakan. Aktifkan pengingat “beri tahu saya tentang penggunaan data”. Jadi, Anda akan mendapatkan pemberitahuan tentang berapa banyak data yang telah Anda gunakan. Untuk detail informasi kunjungi website https://kuotabro.com/.

Kualitas Streaming Video Online Lebih Rendah

Akan ada saatnya Anda ingin menonton video menggunakan ponsel atau tablet Anda. Di mana, Anda tidak perlu menonton video dalam kualitas resolusi tinggi. Sebagian besar penyedia streaming video seluler terbaru memberikan opsi untuk mengubah kualitas video. Jadi, Anda tidak boleh mengabaikan fitur ini sebelum mulai menonton video resolusi tinggi. Karena seringkali kita tidak memerlukan video definisi tinggi (HD) untuk menonton di ponsel.

Simpan Video yang Sering Anda Tonton

Metode ini sangat diperlukan untuk tutorial video online, video memori keluarga, dan video menghibur lainnya. Untuk melakukan ini, Anda dapat menyimpan video yang sedang Anda tonton dalam mode offline di YouTube atau Netflix. Menyimpan video ke mode offline tidak akan memerlukan koneksi internet saat berikutnya Anda menonton.

Gunakan Koneksi Wi-Fi Gratis Saat Menonton Streaming Video Online

Jika Anda ingin menyimpan kuota internet, aturan sederhana adalah tidak menggunakan paket data Anda. Ini akan membuat Anda mendapat informasi tentang penggunaan kuota internet Anda. Apalagi jika Anda menonton video besar di Internet. Anda dapat menontonnya dengan menghubungkan perangkat Anda ke koneksi Wi-Fi gratis.